Sabtu, 03 November 2012

Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok


Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

    Banyak alasan mengapa anak – anak dan remaja saat ini sudah mulaimerokok. Dari hanya sekadar coba – coba, supaya dikira anak gaul  dan keren, supaya langsing, hingga merokok sebagai pelarian dari beratnya beban psikologis yang dihadapi oleh mereka.

    Sebelum kita membahas bagaimana cara berhenti merokok,  pertama – tama mari kita bahas efek buruknya terlebih dulu :
    1.    Baca tulisan yang terdapat pada bungkus rokok : ”Merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin”.  Hal ini sudah dibuktikan secara  medis.
    2.    Merokok dapat menyebabkan bibir berwarna kehitaman dan gigi kuning. “Idihh..”
    Hal ini dikarenakan nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan pigmen melanin di bibir atau kulit.

    3.    Merokok dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap karena merokok mengurangi aliran air liur sehingga bau mulutnya lebih lama menetap. “Engga’ banget deh”

    4.    Merokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, seperti : Kanker Paru – paru, Kanker Payudara dan Kanker mulut.

    5.    Merokok meningkatkan risiko keseluruhan kematian sebesar 70% dibandingkan dengan bukan perokok.

    Dan banyak lagi kerugian merokok lainnya.

    Selain itu, di dalam Al – Qur’an dan Hadist banyak sekali ayat – ayat yang melarang kita mengonsumsi barang (dan racun) yang dapat merusak tubuh.

    Salah satunya adalah firman Allah SWT :


    وَأَنفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

    "Dan infakkanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kalian menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, (karena) sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik."
    (Al-Baqarah : 195)

    Sekarang, beberapa cara agar berhenti merokok :

    1.    Renungi
    Kita sudah mengetahui berbagai macam bahaya merokok. Lalu kenapa kita masih melakukannya? Kita belum bisa membahagiakan orang tua dan keluarga kita, jika kita sakit tentunya mereka akan sedih dan kita hanya bisa menyusahkan mereka.

    2.    Pilih Lingkungan
    Pilih teman – teman yang tidak merokok, mereka akan membantu mengingatkan kita akan bahayanya. Sering – sering berada di tempat yang susah untuk merokok, seperti di tempat ibadah, perpustakaan dan di pusat perbelanjaan / mall.

    3.    Ganti kebiasaan Merokok dengan kebiasaan yang bermanfaat
    Saat merasa sangat ingin merokok, alihkan dengan makan permen karet atau ngemil makanan ringan.

    4.    Berolah raga
    Saat waktu senggang dan hari libur, lebih baik kita isi dengan berolah raga. Seperti renang, jogging atau futsal. Jenis olah raga tersebut akan sangat susah dilakukan jika kita masih merokok.  Tentunya tubuh kita akan mudah lelah dan nafas kita akan ngos – ngosan.

    5.    Minta dukungan orang terdekat
    Sampaikan pada orang tua, saudara dan teman – teman dekat kita bahwa kita ingin berhenti merokok dan minta tolong supaya mereka mau mengingatkan kita.

    6.    Jangan putus asa saat mencoba berhenti merokok. Teruslah berusaha.

    Jadi, tunggu apalagi? Berhentilah merokok sekarang juga.  Semoga berhasil, kawan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar