Minggu, 25 November 2012

Menikmati Teh Selama Kehamilan


Menikmati Teh Selama Kehamilan

Manfaat teh untuk kesehatan tidaklah sedikit. Teh mengandung flavonoid yang berperan dalam kesehatan jantung. Secangkir teh hangat biasa dikonsumsi oleh kaum muda maupun tua, anak-anak maupun dewasa. Tapi apakah kafein yang terkandung dalam teh aman untuk dikonsumsi wanita hamil?
Banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata teh hanya mengandung setengah kafein yang terdapat di dalam kopi yaitu sekitar 50mg/200ml untuk teh hitam dan untuk teh hijau kandungannya lebih sedikit. Mengkonsumsi teh sampai 8 cangkir per hari masih dalam batasan kafein aman. Namun untuk wanita hamil, terdapat persyaratan baru yang menyarankan wanita hamil untuk membatasi konsumsi kafeinnya dengan hanya 200mg perhari atau setara dengan 3-4 cangkir teh.
Wanita hamil biasanya berpikir dua kali untuk mengkonsumsi teh karena alasan takut menghambat penyerapan zat besi. Untuk kebanyakan orang, konsumsi teh bersamaan dengan makan tidak akan berpengaruh pada status zat besi. Akan tetapi mereka yang beresiko kekurangan zat besi seperti anak-anak, vegetarian termasuk wanita hamil, disarankan mengkonsumsi teh di luar jam makan karena akan berdampak pada penyerapan zat besi yang didapat dari gandum dan sayur. Namun hal ini tidak berpengaruh pada penyerapan zat besi dari produk hewani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar