Minggu, 21 Oktober 2012

Agar Bumbu Halus Lebih Tahan Lama


Agar Bumbu Halus Lebih Tahan Lama
:
Saat memasak, kadang-kadang ada beberapa masakan yang memiliki bumbu dasar yang sama. Agar tak perlu berulang kali menghaluskan bumbu yang sama, cara yang paling praktis biasanya dengan menyetok bumbu dasar.
"Setelah dibuat dalam jumlah yang cukup banyak, agar tahan lama sebaiknya simpan bumbu tersebut di dalam lemari es," ungkap praktisi kuliner Bara Pattiradjawane, saat demo masak Colorful Ramadhan di Epicentrum Walk, Jakarta, Sabtu (28/7/2012) lalu.
Bara menambahkan, bumbu halus yang disimpan dalam lemari es bisa bertahan antara 2-3 hari. Namun, ketika disimpan dalam freezer, bumbu ini bisa bertahan sampai satu bulan. Sebelum menyimpannya dalam lemari es ataufreezer, sebaiknya masukkan bumbu halus ini dalam kantung plastik transparan, lalu tutup dengan erat agar tidak berair dan aromanya hilang.
"Yang harus diingat adalah, jangan menyimpan bumbu ini sekaligus dalam kantung plastik transparan yang besar," sarannya.
Penyimpanan bumbu halus dalam jumlah yang banyak akan sangat merepotkan Anda ketika akan menggunakannya, terutama ketika Anda menyimpannya dalam freezer. Sebab, bumbu menjadi beku, dan butuh waktu yang cukup lama untuk melumerkannya.
Untuk mengatasinya, Bara menyarankan untuk mengemas bumbu dasar ini dalam kemasan plastik kecil-kecil. "Perkirakan berapa takaran bumbu yang Anda perlukan untuk tiap masakan yang akan dibuat. Ini akan menyingkat waktu untuk melumerkan bumbu, dan juga mencegah bumbu agar tidak mudah rusak," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar