Kamis, 25 Oktober 2012

Kerupuk


Kerupuk


Kerupuk merupakan salah satu jenis camilan yang paling mudah ditemukan. Di toko, kita bisa menemukan kerupuk dalam bentuk siap makan atau kerupuk mentah. Kerupuk mentah ini biasanya harus digoreng sendiri di rumah, misalnya g
endar, rengginang, kerupuk udang, dan lain-lainnya. Meski terlihat mudah, namun menggoreng kerupuk butuh trik tertentu agar teksturnya renyah.

"Yang pasti, Anda harus mengenali dulu jenis kerupuk apa yang akan digoreng," tukas Chef Ragil kepada Kompas Female, saat peluncuran Qtela Kerupuk di Rumah Imam Bonjol, Menteng, Rabu (17/10/2012) lalu.

Biasanya, jenis kerupuk yang harus digoreng sendiri terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti kerak nasi, ketan, dan lain-lain. Untuk itu, sebaiknya kerupuk mentah ini dijemur terlebih dulu sebelum digoreng. Gunanya agar tidak ada sisa-sisa air atau bahan pembuatnya yang mengandung air tertinggal di sana. Selain itu, menjemur kerupuk juga bisa membuat kerupuk jadi lebih "mekar".

Teknik menggoreng juga jadi kunci utama untuk membuat kerupuk menjadi lebih renyah. Ragil menyarankan untuk menggoreng kerupuk dua kali. Awalnya, goreng kerupuk dengan minyak dingin (panasnya rendah) sampai setengah mengembang. Proses menggoreng dengan minyak dingin ini bertujuan agar kerupuk tidak kaget saat digoreng dan menjadi bantat. Setelah setengah mengembang, kerupuk digoreng kembali dalam minyak yang cukup panas sampai benar-benar mengembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar