Sabtu, 03 November 2012

Ketupat Puding


Ketupat Puding

    Siapa yang tak mengenal ketupat? Ya.. penganan khas ketikahari raya Idul Fitri tiba. Rasanya kurang afdol jika hari raya umat Islam ini dilewatkan tanpa adanya ketupat. Makanan yang terbuat dari beras atau bisa juga dibuat dari ketan ini biasa dimakan dengan ditemani opor ayam atau pun rendang. Namun jika rasa bosan dan rasa ingin mencoba sesuatu yang baru muncul dalam benak, anda bisa coba kreasi baru ketupat. Ketupat yang satu ini tidak dibuat dari beras atau pun ketan, melainkan dari adonan pembuat puding.
    Ya.. ketupat ini sudah dikenal dengan sebutan ketupat puding. Selain unik, ketupat puding juga menyajikan rasa yang enak dan manis, tidak seperti ketupat pada umumnya, ketupat ini membuat siapa pun yang mencobanya pasti terbuai akan rasanya yang berbeda.

    Pembuatan ketupat puding ini ternyata mudah, seperti membuat puding pada umumnya. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencampurkan sedikit garam dengan air, santan, bubuk agar-agar, gula pasir kemudian semua bahan yang telah dicampurkan tersebut dipanaskan sambil diaduk hingga mendidih. Setelah itu, siapkan pada wadah lain berisi gula pasir dan putih telur yang diaduk hingga mengembang dan selanjutnya dicampurkan dengan adonan agar-agar yang pertama telah dimasak tadi dan jadilah puding.

    Setelah adonan puding tersebut mengental, adonan puding tersebut dimasukkan ke dalam kulit ketupat yang terbuat dari daun kelapa. Anda bisa memilih kulit ketupat yang berukuran lebih kecil atau jika ingin yang seukuran ketupat pada umumnya pun tak jadi masalah. Setelah itu ketupat yang sudah terisi adonan puding dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar adonan puding mengeras dan jadilah ketupat puding.

    Tidak hanya itu untuk penyajiannya, ketupat ini dibelah dan diambil isinya seperti penyajian ketupat Lebaran pada umumnya dan untuk pelengkap ketupat biasanya ada opor dan juga daging rendang. Untuk aksen berkuah-kuah layaknya opor sungguhan, ketupat puding ini ditambahkan fla putih kental yang seolah seperti kuah dari opor tersebut. Untuk rendangnya, dibuat dari agar-agar coklat yang dipotong dadu sehingga menyerupai daging rendang.

    Kreasi baru penganan ini 100% terbuat dari puding, bahkan untuk pelengkapnya tadi seperti opor dan rendangnya pun terbuat dari puding. Melihat bahan dasar penganan ini terbuat dari agar-agar, rasanya penganan ini rendah kolesterol ya, hal ini juga merupakan alternatif jika anda tidak ingin kolesterol anda tinggi sehabis berlebaran.

    Mudah sekali kan cara pembuatannya? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah atau jika anda tidak ada cukup waktu dan ingin membelinya saja, anda bisa menemui penganan ini di kawasan Cibaduyut, kota Bandung - Jawa barat. Menu ini wajib dicoba karena bukan hanya orang dewasa yang akan menyukainya tentunya anak-anak pun akan menggemarinya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar