Rabu, 09 Januari 2013

Tips sehat menggunakan laptop


Tips sehat menggunakan laptop


Tips sehat menggunakan laptop

Terlalu sering menatap layar laptop bisa membuat leher nyeri dan merusak penglihatan. Kebiasaan memakai laptop selama berjam-jam juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, berikut adalah cara sehat untuk menggunakan laptop, seperti dilansir Lovepanky.I

1. Layar besar

Memilih laptop yang memiliki layar lebih luas membantu Anda menghindari stres karena harus melihat teks atau gambar pada layar yang terlalu kecil. Selain itu, laptop besar juga memiliki keyboard yang besar dan membuat jari-jari Anda tidak cepat lelah atau kaku. Untuk menghindari kelelahan pada mata, ketika mengetik sebaiknya perbesar ukuran font pada layar.

2. Posisi laptop

Posisi laptop harus sejajar dengan sudut pandang Anda untuk menghindari kelelahan pada otot leher dan mata. Dengan demikian, Anda juga tidak perlu membungkuk atau memutar kepala saat menatap layar.

3. Gunakan mouse

Dengan menggunakan mouse yang terpisah, Anda dapat menggerakkan pergelangan tangan dengan lebih mudah. Anda dapat meletakkan mouse di samping kanan keyboard. Ini dapat menjauhkan Anda dari cedera pergelangan tangan.

4. Ambil istirahat sejenak

Beristirahatlah sejenak setiap dua jam. Untuk menghindarkan mata dari kelelahan, hindari menatap layar setiap setengah jam sekali selama satu atau dua menit. Dengan beristirahat, Anda dapat mengurangi ketegangan pada otot dan sendi.

5. Berbaring lurus

Berbaringlah lurus untuk menghilangkan ketegangan pada otot leher dan punggung. Mata Anda juga butuh istirahat sejenak. Jadi, jangan terlalu dipaksa. Biarkan tubuh Anda berbaring sejenak dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Lakukan lima hal ini agar terhindari dari berbagai keluhan penyakit yang diakibatkan terlalu lama menggunakan laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar