Kamis, 10 Januari 2013

StretchMark

StretchMark 


StretchMark, Jangan Sampai Terjadi





strechmark3
strechmark
StretchMark – Bagi wanita yang telah melahirkan, biasanya dipusingkan oleh kehadiran stretchmark yang mengganggu dan merusak penampilan. Parahnya lagi, masalah ini sangat sulit untuk dihilangkan. Tetapi anda tidak perlu khawatir lagi, anda bisa mengatasi dengan cara yang sangat mudah. Sebelum anda mengatasinya, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab stretchmark.

strechmark
strechmark

Penyebab StretchMark

Stretchmark atau guratan ini merupakan timbulnya garis-garis berwarna merah muda pada kulit. Lama kelamaan, garis merah ini akan berubah menjadi garis berwarna putih. Stretchmark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan tersebut.
Pada sebagian besar wanita hamil, stretchmark tidak dapat dielakkan. Biasanya muncul saat usia kehamilan 4-5 bulan. Saat peregangan terjadi, kemunculan guratan ini biasanya disertai rasa gatal. Jika digaruk secara berlebihan, dapat menyebabkan luka pada kulit. Tetapi, kemunculan guratan pada kulit tergantung keelastisan kulit tiap orang. Jika seseorang memiliki kulit yang elastis, kemungkinan saat hamil dan setelahnya tidak akan timbul. Biasanya, ini bersifat genetik. Jika orang tua anda tidak mengalami stretchmark, mungkin anda juga dapat terhindar dari masalah ini.
Ini merupakan hal yang wajar, karena wanita hamil mengalami pembesaran pada perut sebagai tanda berkembangnya janin di dalam rahim. Wanita hamil juga biasa mengalami kenaikan badan yang cukup signifikan. Rata-rata, minimal kenaikan berat badan 12-15 kg terjadi pada wanita hamil. Sehingga kulit meregang tidak hanya pada bagian perut, juga pada lengan, payudara, pinggul, paha, dan bokong. Bagian tubuh inilah yang menjadi tempat favorit munculnya stretchmark. Stretchmark juga dapat terjadi pada seseorang yang sebelumnya mengalami kegemukan dan berubah menjadi kurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar