Selasa, 11 Desember 2012

Baru, Sembuhkan Kerusakan Mata dengan Softlens



Baru, Sembuhkan Kerusakan Mata dengan Softlens
Lensa kontak model baru ini dibuat untuk mencegah kerusakan parah.

 Softlens atau lensa kontak ini tidak hanya sekadar penambah gaya atau alat bantu baca yang menggantikan kacamata. Dikutip Daily Mail, penemuan baru menciptakan lensa kontak yang dapat mencegah kebutaan.
Lensa kontak ini dibuat dengan sel induk, menjadi cara baru yang alami untuk memperbaiki atau mempertahankan kualitas serta kesehatan mata. Sel induk sendiri dapat mengawali pertumbuhan jaringan sel baru. Hal inilah yang dapat memperbaiki seluruh organ-organ tubuh dari otak ke jantung.
Para ilmuwan dari University of Sheffield, yang mengembangkan implan tersebut berharap, teknik baru ini dapat membantu jutaan orang di seluruh dunia menjaga atau bahkan mendapatkan kembali penglihatan mereka dengan menjaga kualitas kornea.
Kerusakan kornea sendiri menyebabkan mata kering dan sakit, sensitif terhadap cahaya, penglihatan kabur dan terasa ada sesuatu yang mengganjal di mata.
Dengan implan baru yang meniru struktural fitur mata, para peneliti telah mengembangkan metode baru untuk memproduksi membran tipis yang sangat halus untuk membantu sel inti yang  cocok pada mata. Menggunakan teknik-teknik rumit, para peneliti mampu membuat bahan yang dapat memperbaik kornea.  (eh)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar